Bukit Mongkrang Destinasi Wisata Populer di Karanganyar

Jalan2Seru, Karanganyar – Tidak semua orang suka melakukan pendakian gunung, bukan hanya membutuhkan fisik yang kuat, tetapi tantanganpun banyak dan tak terduga.

Bukit Mongkrang Destinasi Wisata Populer di Karanganyar

Destinasi wisata populer di Karanganyar adalah Bukit Mongkrang yang masih berada di kawasan Pegunungan Lawu. Bukit Mongkrang sering disebut-sebut tempat paling cocok bagi para pemula dalam pendakian untuk mengasah kemampuan. Bukit Mongkrang juga banyak memiliki pemandangan yang cantik yang bisa dijadikan spot foto menarik untuk diupload di sosial mediamu.


Tiket Masuk Bukit Mongkrang

Tarif masuk di wisata ini masih terbilang sangat murah dan terjangkau. Berikut rincian tarifnya :

Harga Tiket Masuk
Parkir                                                                                      Rp 5.000
Tiket Masuk                                                                            Rp 5.000
Camping                                                                                  Rp. 7.500


Pesona Bukit Mongkrang

Bukit Mongkrang merupakan bukit sabana yang memiliki ketinggian 2.194 mdpl. Bukit ini masih masuk satu kawasan dengan Gunung Lawu, dan bukit ini mendekati perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Geografis dari Bukit Mongkrang didominasi dengan hamparan rerumputan yang diselingi ilalang yang sangat memberikan panorama cantik dan menyegarkan mata.

Kawasan wisata ini terdiri dari 3 puncak, yaitu Candi mongkrang 1, 2 dan 3. Wisatawan pada umumnya hanya naik hingga puncak candi 1.


Pendakian Ringan

Bukit Mongkrang menjadi salah satu alternatif sempurna bagi para pendaki pemula. Sebelum terburu-buru melakukan pendakian ke Gunung Lawu atau gunung-gunung lainnya. Untuk menuju puncak, wisatawan harus berjalan kaki dari parkiran. Trek menuju puncak bukit ini tidak terlalu menantang karena bukit ini cenderung landai serta jalan setapak yang tersedia cukup lebar dan nyawan.

Untuk mencapai puncak ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam saja. Lama perjalanan akan tidak terasa karena selama diperjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang indah yang akan menambah moodbooster kita.

Banyak wisatawan yang tidak mau melewatkan pemandangan matahai terbit dipuncak bukit, sehingga sengaja mendirikan tenda disana.



Padang Ilalang

Bukit Mongkrang dipenuhi oleh hamparan rumput serta ilalang di beberapa titik. Spot inilah yang biasa menarik perhatian pengunjung, terutama di kalangan anak muda pemburu swafoto.

Dimusim hujan, pemandangan serba hijau dan ilalang yang berayun seiring hembusan angin tampak dramatis. Bukit Mongkrang di musim kemarau juga tidak kalah menarik. Warna rerumputan kering kecoklatan menciptakan pemandangan yang sangat menakjubkan. Di hari cerah dan tidak tertutup kabut, pemandangan Gunung Lawu di kejauhan semakin memanjakan mata.


Yang Perlu Diperhatikan

Sebelum menggelar acara kemah atau camping disini, simak dulu hal-hal penting berikut ini:
- Pertama, siapkan pakaian hangat yang cukup, terutama yang hendak berkemah di musim kemarau
- Kedua, jangan membuat api unggun, karena bukit ini diselimuti hamparan rumput yang bisa beresiko  mudah terbakar, apalagi musim kering.
- Ketiga, bawa perlengkapan P3K dan air mineral yang cukup karena dipuncak tidak adan sumber mata air dan bekal konsumsi yang cukup
- Keempat, selalu jaga kebersihan dan membawa pulang sampah yang ada dipuncak
Agus Prasetiyo fb.com/agusprasetiyodaily

Belum ada Komentar untuk "Bukit Mongkrang Destinasi Wisata Populer di Karanganyar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel