Wisata Taman Balekambang Solo, Wisata Ruang Terbuka Peninggalan K.G.P.A.A Mangkunagara VII

Wisata Taman Balekambang Solo

Jalan2Seru, Solo - Taman Balekambang Solo merupakan salah satu wisata ruang terbuka hijau di Kota Begawan. Taman ini adalah peninggalan K.G.P.A.A Mangkunagara VII yang dibangun pada tahun 1921. Bangunan taman ini seluas 9,8 hektar yang mengusung konsep Jawa dan Eropa.

Taman Balekambang saat ini menjadi kawasan wsisata terpadu. Tersedia juga area outbond, penangkaran hewan, tanaman langka, konservasi sejarah dan panggung seni budaya. 

Harga Tiket Masuk Taman Balekambang Solo


Para wisatawan yang ingin menikmati pesona taman ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Taman Balekambang menjadi ruang terbuka yang dapat diakses oleh siapapun sesuai dengan kemanfaatan publik.

Jam Operasional Taman Balekambang Solo


Taman kota ini dapat dikunjungi setiap hari, buka mulai pagi hingga sore hari senin sampai minggu pukul 07.00-16.00 wib. Waktu yang cocok ditaman ini yaitu sore hari.

Taman Balekambang Solo memiliki fungsi utama sebagai paru-paru kota di Surakarta. Taman terbukan ini merupakan taman botani, seni, budaya, edukasi dan rekreasi. Taman ini ditumbuhi aneka pepohonan rindang sehingga membuat suasana taman menjadi sejuk.

Sebagian pohon besar ada yang berusia ratusan tahun dan tergolong tanaman langka. Ada pohon beringin, apel coklat, kenari dan pohon langka jenis lainnya.

Perngunjung akan dimanjakan dengan keberadaan rusa yang berkeliaran bebas ditaman. Aneka permainan juga ada, seperti perahu, kereta putar dan becak hias.

1. Taman Air Partini

Taman air ini berada disebelah barat, yang berfungsi sebgai penampungan air untuk membersihkan kotoran sampah didalam kota. Taman air ini sering dijadikan area bermain perahu dan bebek kayuh bagi para wisatawan. 

Wisata Taman Balekambang Solo

Wahana perahu dan bebek kayuh dibanderol mulai harga Rp 10.000/orang. Tersedia pilihan bebek kayuh berkapasitas 4 sampai 6 orang.

Bukan hanya sebagai area bermain tapi kolam ini juga bisa untuk memancing tangkap lepas. Adapun ikan yang menjadi penghuni kolam ini diantaranya bawal black pacu, red tail catfish, araphaima dan peacock bass. Paket memancing disediakan dalam paket harian 2 jam dan paket full day.

2. Taman Reptil


Wisata Taman Balekambang Solo

Wahana taman reptil ini terletak di barat Bale Apung. Di dalam taman reptil ini terdapat batu asmara yang konon katanya merupakan pecahan meteor yang jatuh di kota Solo.

3. Taman Kelinci

Taman kelinci merupakan bagian wisata terbaru yang sudah dibuka sejak tanggal 25 Januari 2019. Taman ini merupakan taman edukasi. Bebarapa satwa yang dipelihara di taman ini diantaranya kelinci, domba merino, dan kura-kura.

Pengunjung juga akan diajak berinteraksi dengan hewan dengan didampingi petugas. Para petugas akan menjelaskan detail mengenai jenis, cara merawat dan mengembangbiakan hewan yang berada di Taman Kelinci. Sehingga para pengunjung dapat berekreasi sekaligus mendapat ilmu seputar binatang.

4. Taman Partinah Bosch

Taman ini atau sering disebut Hutan Partinah berguna sebagai daerah resapan atau paru-paru kota. Aneka tanaman dihutan ini, diantaranya pohon beringin, kenari dan apel coklat.

Wisata Taman Balekambang Solo

Penghuni lainnya yaitu rusa yang biasanya menjadi obyek yang paling disukai anak-anak.

5. Kolam dan Balai

Di area Taman Balekambang terdapat sebuah kolam besar dan sebuah kolam renang dengan 2 buah balai. Balai pertama bernama Bale Apung.

Awal didirikan, balai ini sebagai tempat bersantai berkumpulnya keluarga kerajaan. Balai ini pula yang menjadi sebuah alasan penamaan "Balekambang". Karena terletak dekat kolam besar, apabila dilihat dari jauh, balai ini terlihat seperti mengambang.

Sementara balai kedua bernama Bale Tirtayasa. Dimasa lalu, balai berfungsi sebagai tempat untuk ganti pakaian anggota kerajaan yang ingin berenang.


Fasilitas Taman Balekambang Solo

Taman Balekambang Solo memiliki panggung terbuka dan indoor. Panggung indoor setiap malam dihelat pertunjukan ketoprak dalam bahasa Jawa. Sedangkan di panggung terbuka, pergelaran dilakukan saat momen tertentu saja. Acara rutin kerap digelar dengan menghadirkan bazar aneka produk, festival kuliner, wahana permainan modern serta tradisional, hiburan musik dan berbagai lomba.

Lokasi Taman Balekambang Solo

Taman Balekambang Solo berlokasi di Jln. Balekambang No. 1, Manahan, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah 57139. Infomasi lebih lanjut para pengunjung bisa menghubungi nomer telepon 0271-736227


Demikian sedikit informasi tentang wisata taman terbuka Taman Balekambang Solo. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan menjadi referensi wisata akhir tahun ini bersama keluarga tercinta. Tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku.
Agus Prasetiyo fb.com/agusprasetiyodaily

Belum ada Komentar untuk "Wisata Taman Balekambang Solo, Wisata Ruang Terbuka Peninggalan K.G.P.A.A Mangkunagara VII"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel